Monday, February 1, 2016

Tugas Basis Data - Sistem Database

1.      Definisikan data, field, record, & file!

Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti nomor barang atau nama barang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomor barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di



isikan.

Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. 
File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. 
      Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. 

2.      Apa itu redudansi data, & karakteristik apa dari sistem file yang dapat menyebabkan redudansi data?

Redundansi data adalah duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data  yang sama disimpan didalam lebih dari 1 lokasi . Redundansi data terjadi ketika kelompok yang berbeda dalam organisasi mendapatkan data yang sama secara independen dan menyimpannya secara independen juga. Redundansi data menghabiskan memory dan juga menimbulkan inkonsisten data , dalam arti atribut yang sama mungkin mempunyai nilai berbeda . Redundansi mengakibatkan data tidak konsisten . Penyimpanan di beberapa tempat untuk data yang sama ini disebut sebagai redundansi dan mengakibatkan pemborosan Memory dan juga biaya untuk akses lebih tinggi .

3.      Apa itu independensi data, & mengapa itu tidak ditemukan dalam sistem file?

Independensi data adalah sifat yang memungkinkan perubahan struktur berkas tidak mempengaruhi program dan juga sebaliknya. Independensi data dicapai dgn menempatkan spesifikasi dalam tabel dan kamus yg terpisah secara fisik dari program. Program mengacu pada tabel untuk mengakses data.

4.      Apa itu independensi structural, & mengapa hal itu penting?

Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data. Independensi data dicapai dengan menempatkan spesifikasi dalam tabel dan kamus yang terpisah secara fisik dari program, program mengacu pada tabel untuk mengakses data. Perubahan pada struktur data hanya dilakukan sekali, yaitu dalam tabel.

5.      Apa peran DBMS, sebutkan apa kelebihan & kekurangannya?


Peranan DBMS :
a. Data yang berulang dalam bentuk multifile duplikat maupun data duplikat dalam satu file.
b. Data dan program menyatu.
c. Kebutuhan untuk mengintegrasikan data dari file-file.
d. Kebutuhan untuk memperoleh data secara cepat.
e. Kebutuhan untuk membuat data dengan aman.

KEUNTUNGAN menggunakan DBMS:

a. Penggunaan Data Bersama (The Data Can Be Shared)
b. Mengurangi Kerangkapan Data (Redudancy Can Be Reduced)
c. Menghindari Ketidakkonsistenan Data (Inconsistency Can Be Avoided)
d. Integritas Data Terpelihara (Integrity Can Be Maintained)
e. Keamanan Terjamin (Security Can Be Enforced)
f. Kebutuhan User Yang Kompleks Dapat Teratasi (Balanced conflicting requirements)
g. Pelaksanaan Standarisasi (Standards Can Be Enforced)
h. Meningkatkan Produktivitas (Increased productivity)
i. Layanan Back up dan Recovery Semakin Baik (Improved backup and recovery services)

KERUGIAN menggunakan DBMS:
a. Rumit (Complexity)
    Karena penetapan fungsi dari DBMS yang baik, menyebabkan DBMS menjadi software yang cukup rumit. Seluruh user harus mengetahui fungsi-fungsi yang ada dengan baik, sehingga dapat memperoleh manfaatnya.
b. Ukuran (Size)
    Kerumitan dan banyaknya fungsi yang ada menyebabkan DBMS memerlukan banyak software pendukung yang mengakibatkan penambahan tempat penyimpanan dan memory.
c. Biaya DBMS (Cost of DBMS)
d. Biaya Tambahan Hardware (Additional hardware costs)
e. Biaya Konversi (Cost of conversion)
f. Performance
Pada dasarnya DBMS dibuat untuk menyediakan banyak aplikasi, akibatnya mungkin beberapa aplikasi akan berjalan tidak seperti biasanya.
g. Resiko Kegagalan (Higher impact of a failure)
Karena system yang terpusat, jika seluruh user dan aplikasi terakses dari DBMS maka kerusakan pada bagian manapun dari system, akan menyebabkan operasi terhenti.

6.      Sebutkan & deskripsikan beberapa jenis database?


Tipe Database
a. Data warehouse
     Sebuah data warehouse menyimpan data dari saat ini dan tahun-tahun sebelumnya. Data yang diambil dari berbagai database operasional dari sebuah organisasi.
b. Document-oriented databases:
      Merupakan program komputer yang dirancang untuk aplikasi berorientasi dokumen. Sistem ini bisa diimplementasikan sebagai lapisan di atas sebuah database relasional atau objek database. Sebagai lawan dari database relasional, dokumen berbasis database tidak menyimpan data dalam tabel dengan ukuran seragam kolom untuk setiap record. Sebaliknya, mereka menyimpan setiap catatan sebagai dokumen yang memiliki karakteristik tertentu. Sejumlah bidang panjang apapun dapat ditambahkan ke dokumen. Bidang yang dapat juga berisi beberapa bagian data.
c. Real-time databases Real-time:
      Database adalah sistem pengolahan dirancang untuk menangani beban kerja negara yang dapat berubah terus-menerus. Ini berbeda dari database tradisional yang mengandung data yang terus- menerus, sebagian besar tidak terpengaruh oleh waktu. Sebagai contoh, pasar saham berubah dengan cepat dan dinamis. Real-time processing berarti bahwa transaksi diproses cukup cepat bagi hasil untuk kembali dan bertindak segera. Real-time database yang berguna untuk akuntansi, perbankan, hukum, catatan medis, multi-media, kontrol proses, sistem reservasi, dan analisis data ilmiah.

7.      Apa itu metadata?

Metadata adalah informasi terstruktur yang menjelaskan , menemukan atau setidak nya membuat suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali  digunakan. Metadata sering disebut sebagai data tentang data . Metadata ini mengandung informasi mengenai isu dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file / data itu nantinya dalam suatu basis data . Jika data tersebut dalam bentuk teks , metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field , dan tipe data fieldnya : integer , character , date , dll. Untuk jenis data gambar , metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya , kapan pemotretannya , dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan . Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file , metadatanya adalah nama-nama file , tipe file , dan nama pengelola dari file file tersebut.

8.      Sebutkan beberapa fungsi database dasar yang tidak dapat dilakukan dengan spreadsheet?

* Menghindari duplikasi dan inkonsistensi dalam data.
* Sebuah solusi dalam proses penyimpanan data, terutama data.
* Mendukung kinerja aplikasi yang memerlukan penyimpanan data.
Gambar 1. Struktur File
Dari Gambar 1 di atas, jawablah pertanyaan berikut:

9.      Berapa record yang terdapat dalam file? Berapa banyak field yang ada per record?

Terdapat 7 record dalam file dan 5 field per record.

10.  Masalah apa yang akan dihadapi jika Anda ingin menghasilkan laporan berdasarkan kota? Bagaimana Anda menyelesaikan masalah ini dengan mengubah struktur file tsb?

Masalah yang dihadapi ialah terjadinya redundansi data pada field kota . Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan nama yang berbeda pada masing masing field kota sehingga tidak terjadi redundansi.

11.  Jika Anda ingin menghasilkan laporan berdasarkan nama akhir, kode area, kota, atau kode pos, bagaimana Anda mengubah struktur file tsb?

Membuat kolom baru dengan judul kode_pos,nama_akhir,kode_area,kota,kode_pos dengan demikian akan membuat kita mudah untuk membuat laporan

12.  Pengulangan/ redudansi data apa yang terdeteksi? Bagaimana pengulangan tsb menyebabkan anomali?

Pengulangan yang terjadi adalah pengulangan pada kolom nama,nomor telepon dan juga alamat. Pengulangan tersebut menyebabkan terjadinya pemborosan memory yang terjadi akibat dari redundansi data.

Gambar 2. Struktur File
Dari Gambar 2 di atas, jawablah pertanyaan berikut:

13.  Identifikasi masalah redudansi data yang ada pada struktur file di atas.

Redundansi pada file di atas terjadi pada beberapa record pada table,seperti yang terjadi pada proj_name,emp_num,emp_name,job_code dan emp_phone.

14.  Dilihat dari isi EMP_NAME dan EMP_PHONE, kira-kira perubahan apa yang Anda rekomendasikan?

      Untuk nama dan nomor telepon yang sama tidak perlu di tuliskan lagi sehingga tidak terjadi redundansi data.

Emp_name
Emp_phone
Job_code
Emp_num
Job_chg_hour
Proj_num
Proj_name
John.D.Newson
653-234-3245
EE
101
85.00
1
Huricane
2
Coast
David.F.Schwann
653-234-1123
CT
105
60.20
1
Huricane
26.00
3
Satellite
15.  File baru apa yang seharusnya dibuat untuk menghilangkan redudansi data yang ditemukan di struktur file di atas.

Emp_name
Emp_phone
Job_code
Emp_num
Job_chg_hour
Proj_hours
Proj_num
Proj_name
John.D.Newson
653-234-3245


EE

101


85.00
19.8
1
Huricane
13.3
2
Coast
June.H.Sattlemeir
905-554-7812
108
17.5
Marry.D.Chen
615-233-5432
123
19.1
3
Satellite
Anne.R.Ramoras
615-233-5568


CT
110
62.00
11.6
60.00
14.3
1
Huricane
David.F.Schwann
653-234-1123
105
16.2
26.00
23.4
3
Satellite
Allecia.R.Smith
615-678-6789
BE
112
85.00
20.7



Load disqus comments

0 comments